Kenali Aplikasi CRM Lebih Dalam, Bantu Tingkatkan Layanan dalam Bisnis
Ketika Anda menjalankan bisnis, banyak yang perlu untuk dipertimbangkan. Selain mengurus produk, pelanggan juga jadi salah satu aspek yang harus diperhatikan supaya usaha bisa berjalan dalam jangka panjang. Untuk membantu hal tersebut, ada aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang bisa digunakan mulai sekarang.
Aplikasi CRM sendiri merupakan satu dari sekian banyak sarana berupa perangkat lunak yang dipilih sebagai strategi untuk memperluas jangkaun bisnis. Namun, sudah tahukah Anda mengenai seluk-beluk aplikasi CRM itu sendiri? Bila ingin lebih paham, baca selengkapnya di bawah ini.
Apa Itu Aplikasi CRM?
Aplikasi CRM adalah salah satu wadah yang digunakan oleh pebisnis untuk menghimpun segala feedback dari pelanggan, baik kritik maupun saran yang diberikan. Seiring dengan berjalannya waktu, perangkat lunak tersebut mulai hadir dengan deretan fungsi yang semakin kompleks dan terintegrasi sebagai salah satu media untuk mengelola hubungan antara business dan customer.
Selain berupa aplikasi, CRM juga perlahan beralih menjadi salah satu metode dalam mengelola berbagai respon dari pelanggan yang dianggap lebih efektif. Hal ini dikarenakan banyak fungsi yang bisa dicakup dalam satu aplikasi CRM tersebut dengan ragam manfaat yang penting bagi bisnis Anda.
Fitur dalam Aplikasi CRM
Satu aplikasi CRM memuat ragam fitur yang berguna dalam mengelola data pelanggan. Fitur awal yang penting di dalamnya adalah menangkap prospek yang bertujuan untuk membangun database pelanggan. Prospek dari ragam data tersebut nantinya bisa digunakan sebagai bahan untuk tindak lanjut dalam bisnis yang Anda jalankan.
Fitur kedua yang dicakup dalam aplikasi CRM adalah automatic e-mail. Fitur ini berlaku sebagai salah satu sarana untuk promosi dari berbagai produk dalam bisnis Anda, membuat Anda tidak perlu bekerja dua kali dalam menyampaikan penawaran terbaru bagi berbagai pelanggan. Apabila fitur tersebut ditandemkan dengan auto marketing pada sistem Enterprise Resource Planning (ERP), pelanggan yang menjadi sasaran pemasaran bisa jadi lebih sesuai dengan target yang ditentukan di awal.
Selain dua fitur di atas, masih banyak lagi fitur yang bisa Anda gunakan dalam satu aplikasi CRM. Real-time report dan contact management menjadi dua fitur yang tak kalah penting dan memberi ragam manfaat bagi bisnis. Tidak hanya itu, semua fitur tersebut akan jadi lebih powerful bila bisa diakses melalui smartphone, sehingga Anda tidak perlu bergantung setiap saat pada komputer atau laptop.
Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM
Dengan ragam fitur yang ditawarkan tersebut, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan bila menggunakan aplikasi CRM mulai sekarang. Apa sajakah manfaatnya?
Manfaat pertama yang dapat Anda rasakan kala menggunakan aplikasi CRM adalah mengurangi pengeluaran. Hal ini dikarenakan semua data yang Anda butuhkan akan tersimpan secara otomatis dalam sistem tersebut, sehingga dapat memangkas biaya untuk penyimpanan tambahan.
Manfaat berikutnya dari penggunaan aplikasi CRM adalah membuat kegiatan operasional jadi lebih efisien. Melalui sistem yang terintegrasi secara digital, pekerjaan bisa dipangkas secara signifikan. Tanpa harus ke kantor, Anda bisa tetap memantau bisnis dari mana saja hanya dengan bermodalkan gadget yang terhubung koneksi internet.
Selain dua manfaat di atas, membuat pelanggan jadi lebih setia juga menjadi salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan aplikasi CRM. Melalui berbagai informasi yang tersimpan dalam sistem tersebut, pebisnis bisa dengan mudah dalam menentukan direksi selanjutnya untuk pelanggan. Apabila langkah pemasaran yang diambil tepat, pelanggan tidak akan berpaling dari berbagai penawaran produk pada bisnis yang Anda jalankan.
Bagaimana, ingin mulai menggunakan aplikasi CRM namun belum menemukan produk yang tepat? Jangan khawatir, ada Provey POS yang tawarkan fitur CRM yang canggih untuk keperluan bisnis Anda. Lebih lengkapnya, cek langsung website Provey untuk deskripsi dan pricing-nya.