Pentingnya Brand Identity: Menjaga Bisnismu Tetap Stand Out In The Crowd!

Semakin kesini persaingan bisnis di Indonesia semakin ketat. Hampir semua orang berlomba-lomba menciptakan inovasi terbaru mereka yang out of the box agar berbeda dengan yang lain. Tetapi, bukan bisnis namanya jika tidak ada persaingan di dalamnya. Dari satu inovasi tersebut bisa dikembangkan menjadi puluhan bahkan ratusan merk. Salah satu cara untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis yang lainnya yaitu dengan build your brand identity. Jenis produk/jasa yang Anda jual boleh sama, tetapi Anda harus membuat bisnis Anda menjadi yang terdepan.

Branding selalu menjadi bagian penting dari bisnis, tetapi sekarang mungkin lebih penting daripada sebelumnya. Dengan media sosial, konsumen akan menjumpai merek baru setiap hari. Ini bisa menjadi hal yang bagus untuk konsumen, karena mereka memiliki pilihan yang banyak untuk menemukan yang terbaik. Tetapi hal tersebut akan mempersulit kalangan pebisnis. Anda harus bekerja lebih keras untuk memastikan bisnis Anda dapat bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya.

Sebelum Anda mengetahui pentingnya brand identity untuk bisnis, let’s examine the meaning of brand itentity first.

Apa Sih Brand Identity Itu?

Brand identity yaitu identitas bisnis Anda yang menggambarkan bagaimana bisnis Anda digambarkan kepada pelanggan Anda. Hal ini mencakup semuanya, mulai dari nama bisnis Anda, desain dan logo, hingga pallet warna dan bentuk grafik dan font yang bisnis Anda gunakan.

Sudah banyak brand identity yang sangat kuat yang saat ini sudah melekat di pikiran orang-orang, seperti KFC, Mc Donal’s, Burger King, Coca Cola, Apple, Tesla, dll. Perusahaan-perusahaan ini telah menginvestasikan jutaan dolar untuk mempromosikan dan mengembangkan merek mereka. Coca Cola, misalnya, mereka berhasil mengenalkan brand mereka hingga 94% dari populasi dunia.

Pentingnya memiliki brand identity dapat diilustrasikan melalui manfaat yang dapat diberikan untuk bisnis Anda.

Lebih Banyak Orang Akan Mengenali Bisnis Anda

Salah satu alasan paling jelas mengapa bisnis membutuhkan branding adalah untuk membantu bisnis Anda untuk lebih sering dikenali. Jika Anda memiliki branding yang kuat untuk bisnis Anda, secara alami orang-orang akan lebih memperhatikannya daripada bisnis yang tidak memiliki brand identity. Bisnis yang tidak benar-benar memiliki strong brand identity tidak akan bertahan lama diingatan seseorang.

Menjadikan Harga Produk Anda Menjadi Harga Premium

Produk bermerek dapat menuntut Anda merogoh kocek lebih banyak daripada produk dengan merek yang lemah. Hal itu karena merek yang kuat menginspirasi kepercayaan seseorang. Apple dan Microsoft, dua pesaing lama, mungkin adalah contoh terbaik dalam kasus ini. Meskipun produk Microsoft secara teknologi berada pada level yang sama dengan produk Apple, tetapi Apple telah memenangkan pengikut setia melalui mereknya. Teknologinya dianggap canggih, modern dan inovatif. Akibatnya, konsumen akan membayar dengan harga premium untuk produk Apple meskipun memiliki kemampuan yang sangat mirip dengan alternatif yang jauh lebih murah.

Menciptakan Pelanggan yang Loyal

Brand identity yang kuat memudahkan pelanggan untuk mengingat bisnis Anda. Ini berarti Anda dapat mulai membangun hubungan jangka panjang, karena saat pelanggan merasa puas atau senang dengan bisnis Anda, mereka pasti akan mengingat merek bisnis Anda dan akan datang kembali untuk menggunakan merek Anda.

Membuat Bisnis Anda Terlihat Lebih Besar

Ketika bisnis Anda secara konsisten menggunakan design dasar, tipografi, collor pallet pada kartu nama, situs web, materi promosi atau profil media sosial Anda, Anda akan mendapatkan citra yang baik untuk bisnis Anda.

Konsumen akan mencari produk/jasa yang memiliki brand identity yang meyakinkan. Bahkan mereka akan membayar lebih untuk produk Anda, jika produk Anda memiliki brand identity yang kuat. Lebih tepatnya mereka membayar merek Anda, bukan untuk produk Anda. Jika bisnis Anda tidak memiliki identitas merek yang kuat melalui cara apa pun, mereka akan menganggap bisnis Anda kecil dan mengurungkan niat untuk membeli produk Anda.

Jika Anda sudah mengetahui pentingnya brand identity bagi suatu bisnis, sekarang saatnya Anda untuk mulai membangun brand identity bisnis Anda. Yang harus Anda ingat ketika Anda akan membangun brand identity untuk bisnis Anda, Anda jangan menjiplak brand identity manapun. Buatlah brand identity beserta elemen-elemen pendukungnya yang benar-benar dapat mencerminkan bisnis Anda. Buatlah bisnis Anda menjadi brand yang selalu stand out in the crowd!