4 Tips Membuat Foto Produk Menggunakan Handphone, Ciamik dengan Bujet Minimal

4 Tips Membuat Foto Produk Menggunakan Handphone, Ciamik dengan Bujet Minimal

Dalam setiap bisnis, tentu saja ada produk yang dipasarkan. Demi menggaet calon pelanggan melalui segmen digital, diperlukan ragam konten menarik yang ditujukan untuk memikat pasar. Salah satunya melalui deretan tips membuat foto produk menggunakan handphone.

Kumpulan strategi memotret foto produk ini cocok sekali diterapkan apabila kamera profesional belum bisa diakomodasi dengan bujet yang tersedia. Walau begitu, foto yang dihasilkan dijamin tidak kalah bagus apabila deretan trik berikut ini diterapkan semaksimal mungkin.

Gunakan Background dan Lighting yang Sepadan

tips membuat foto produk menggunakan handphone background lighting sepadan

Tips membuat foto produk menggunakan handphone pertama yang patut menjadi pertimbangan adalah dari sektor background dan lighting-nya. Pemilihan dua aspek inilah yang nantinya akan membuat foto dari produkmu tampak lebih maksimal apabila nantinya akan diunggah pada berbagai platform media sosial.

Background yang dapat dipilh untuk strategi memotret foto produk sendiri memilki ragam bentuk, baik yang polos maupun bercorak. Background tersebut nantinya juga memberikan impresi yang berbeda, dengan versi polos yang menjadikan produk tampak lebih elegan dan latar belakang bercorak yang membuat value dari produk jadi lebih menonjol.

Lighting juga perlu disorot dalam trik memotret foto produk ini, karena akan mempengaruhi kualitas foto apabila pencahayaannya buruk. Apabila aspek ini ingin ditingkatkan, tambahkan aksesoris seperti lampu duduk pada sisi kanan atau kiri produk terkait. Bila ingin hasil lebih alami, manfaatkan cahaya matahari yang tersedia. Akan tetapi, hindari pemakaian flash pada ponsel yang berpotensi merusak jepretan dari kamera.

Pakai Resolusi Tertinggi

tips membuat foto produk menggunakan handphone pakai resolusi tinggi

Tips membuat foto produk menggunakan handphone selanjutnya adalah dengan memakai resolusi kamera setinggi mungkin pada handphone yang dipakai untuk memotret. Dengan semakin canggihnya fitur pada berbagai smartphone saat ini, menghasilkan foto dengan resolusi setara kamera profesional seperti SLR dan mirrorless tampak sangat mungkin untuk dilakukan.

Tidak ada patokan pasti terkait resolusi kamera dalam strategi memotret foto produk ini, namun akan lebih baik jika resolusinya berada di atas 5 megapixel yang saat ini sudah sangat affordable. Semakin tinggi resolusi yang dipilih, foto yang dihasilkan tentu akan jauh lebih aesthetic.

Dukung pula hasil foto produk dengan ragam fitur kamera yang tersedia, terutama bila tersedia sistem manual layaknya berbagai kamera profesional. Utak-atik ISO, white balance, dan lain sebagainya supaya foto yang dijepret bisa lebih ciamik dan keren ketka masuk pada product showcase.

Hindari Pemakaian Fitur Zoom

tips membuat foto produk menggunakan handphone hindari fitur zoom

Tips membuat foto produk menggunakan handphone berikutnya adalah menghindari pemakaian fitur zoom. Tips tersebut memang sepele, namun fitur ini umumnya akan membuat objek yang diambil menjadi tampak lebih kecil dan mempengaruhi hasil jepretan.

Apabila objek yang ingin dipotret berada jauh dari lensa kamera, menggunakan zoom hanya akan membuat hasil foto lebih pecah dan menurunkan resolusinya yang menjadikannya kurang tajam. Jika ingin foto produk tetap berkualitas tinggi, tinggal dekatkan saja objeknya dan atur kembali set fotonya demi hasil yang lebih menawan.

Percantik dengan Editing

tips membuat foto produk menggunakan handphone percantik dengan editing

Tips membuat foto produk menggunakan handphone terakhir yang tak kalah penting adalah mempercantik foto dengan ragam fitur editing. Cara satu ini dianggap sangat efektif jika hasil foto yang digunakan masih terasa kurang bagus dan butuh beberapa polesan sebelum diunggah pada showcase.

Walau ada banyak sekali fitur dalam berbagai aplikasi photo editor, usahakan lakukan editing seperlunya saja. Apabila foto produk diutak-atik secara berlebih, hasilnya akan tampak palsu supaya nantinya tidak mengecewakan konsumen yang disasar oleh produk terkait.

Itulah deretan tips membuat foto produk menggunakan handphone yang bisa diterapkan sejak kini. Lakukan ragam langkah tersebut bila ingin product showcase tampak lebih bagus dan memikat konsumen dengan bujet seminimal mungkin.

Ingin pengelolaan bisnis jadi lebih mudah? Gunakan langsung Provey, aplikasi Point-of-Sales (POS) yang mempermudah pengelolaan bisnis dengan kehadiran ragam fitur menarik, mulai dari laporan penjualan, manajemen karyawan, sampai review dari pelanggan yang membuat pelaku bisnis dapat melihat feedback terkait. Lebih lengkapnya terkait fitur dan pricing, kunjungi langsung website Provey.