Cara Terbaik Mengelola Bisnis Retail: Say No To Loss With Provey Pos!

Dalam menjalankan suatu bisnis, para pelaku bisnis pasti sudah menentukan business goals yang ingin dicapai. In general, tujuan utama para pebisnis diantaranya untuk memperoleh keuntungan, return of investment, dan menjalankan bisnis dengan modal kerja yang efisien atau sering disebut dengan working capital. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, Anda harus pintar-pintar mengelola bisnis yang Anda jalankan.
Di Indonesia, bisnis retail merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang keuntungan yang menjanjikan. Mengelola bisnis retail sekilas memang terlihat mudah, tetapi sebenarnya banyak sekali hal-hal detail yang harus diperhatikan. Jangan sampai Anda lengah dalam mengelola bisnis retail Anda, karena banyak dari kalangan pebisnis yang mengalami kerugian karena mereka salah menjalankan strategi bisnis mereka ataupun karena manajemen bisnis mereka yang berantakan. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali bisnis retail yang memanfaatkan layanan digital untuk membantu memasarkan dan menjual produk mereka, yang tentunya akan menambah saingan bisnis retail Anda. Jika artikel sebelumnya membahas tentang seluk beluk bisnis retail yang perlu Anda ketahui, sekarang saatnya Anda perlu mempelajari beberapa tips untuk mengelola bisnis retail agar bisnis Anda semakin maju dan omset semakin meningkat.
Pelayanan Customer

Memberikan lebih banyak perhatian ke customer Anda merupakan salah satu hal yang sangat penting. Selalu memenuhi kebutuhan setiap pelanggan dan memberikan mereka layanan pelanggan yang luar biasa, akan meningkatkan kepuasan pelanggan Anda sedikit demi sedikit, hingga akhirnya dapat menjadikan mereka pelanggan setia yang terus membeli produk/jasa dari bisnis Anda.
Selain itu, Anda juga dapat melatih karyawan Anda untuk selalu waspada dan peka terhadap masalah pelayanan customer Anda. Ciptakan suasana yang nyaman, berikan pelayanan yang ramah dan sigap kepada semua customer Anda. Penataan barang yang rapi dan sesuai dengan kategori akan memudahkan customer Anda ketika mereka berbelanja. Dengan begitu, customer Anda akan mendapatkan good experience ketika berbelanja ke toko Anda.
Mengelola dan Mengembangkan Tim Anda

“Your team is the face of your store to your customers”. Anda pasti tidak asing dengan istilah tersebut. Biasanya pelanggan akan menilai toko Anda dari pelayanan yang diberikan oleh tim Anda. Beberapa dari kita pasti pernah mengalami pelayanan yang kurang memuaskan, seperti petugas yang kasar, lamban, tidak sigap, dan lain sebagainya yang menjadikan bad experience di toko tersebut. Untuk menghindari kejadian-kejadian tersebut, ada baiknya Anda sebagai pemilik bisnis, harus mulai fokus untuk memperbaiki tim Anda. Anda bisa melakukan beberapa hal penting berikut ini:
1. Training
Semua karyawan Anda harus bisa mengatasi segala macam situasi yang terjadi di toko Anda. Maka dari itu, sebelum mereka memulai bekerja di toko Anda, sebaiknya Anda sebagai owner menyediakan fasilitas training untuk para karyawan Anda.
2. Keterlibatan Karyawan
Terkadang karyawan Anda meras ingin melakukan lebih dari sekadar mengikuti arahan atau improvisasi. Mereka berada di lantai penjualan, dimana mereka yang berurusan langsung dengan pelanggan, mereka yang tahu keadaan real-nya seperti apa. Jadi, Anda bisa membuat kebijakan tertentu yang memperbolehkan improvisasi untuk meningkatkan pelayanan bisnis Anda.
3. Berikan positive feedback
Karyawan ingin tahu kapan mereka melakukan pekerjaan dengan baik. Anda bisa mengadakan semacam evaluasi bulanan ke karyawan-karyawan Anda. Berilah mereka sedikit rewards ketika terdapat salah satu dari mereka yang telah bekerja dengan baik untuk Anda. Reward dapat berupa pujian, bonus salary, voucher belanja, hingga kenaikan pangkat. Dengan begitu, karyawan Anda akan merasa dihargai sehingga membuat para karyawan akan loyal kepada Anda dan mengerjakan tugasnya dengan sebaik mungkin.
Mengelola Bisnis

Jika Anda menjalankan bisnis retail Anda sendiri, Anda mungkin tidak harus memiliki latar belakang yang luas di bidang keuangan dunia bisnis. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap mengikuti perkembangan seputar bisnis retail, bisa dengan mencari mentor bisnis, mengikuti kelas bisnis, dan menghadiri seminar yang relevan. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk membantu mengelola bisnis Anda, diantaranya:
1. Pengaturan rak penyimpanan
Pelanggan menghargai daya tarik visual dan Anda dapat membuatnya dengan menyusun rak dengan rapi, menambhakan pajangan yang menarik, menyusun produk-produk Anda sesuai kategori/warna/merk dan menjaga barang agar tetap teratur dan bersih.
2. Tandai produk dengan barcode
Beberapa dari pelaku bisnis sering menganggap remeh pemasangan barcode pada setiap produk mereka. Padahal hal ini sangat membantu Anda untuk mengelola stok persedian barang Anda, selain itu Anda dapat dengan mudah mengecek expired date produk-produk Anda.
3. Catat semua transaksi
Setiap transaksi yang terjadi di toko retail Anda harus dicatat. Jika tidak, maka bersiaplah untuk mengalami kerugian. Bayangkan berapa banyak uang yang akan hilang jika ada satu atau dua transaksi yang tidak tercatat setiap hari? Hal tersebut juga untuk memudahkan Anda saat melakukan rekap.
4. Management inventory
Anda perlu mengecek stok barang Anda secara rutin untuk mengecek ketersediaan barang dagangan, juga kondisi barang dagangan di gudang. Kemudian hasilnya dicocokkan dengan data inventaris dari data inventarisasi sebelumnya. Memesan barang sebelum kehabisan dan memastikan semua barang yang Anda pesan tiba tepat waktu.
Saat ini Anda tidak perlu pusing untuk mengelola bisnis retail Anda. Dengan menggunakan Provey Pos khusus untuk retail, Anda dapat dengan mudah mengelola bisnis Anda. Mulai dari transaksi, manajemen inventory, manajemen karyawan, hingga manajemen pelanggan. Kelola bisnis Anda dengan Provey Pos sekarang juga, dan Coba Provey Pos sekarang juga dan dapatkan free trial selama 14 hari! Let's say no to loss with Provey Pos!