Open bill, Closed Bill, dan Split Bill? Apa Saja Perbedaannya?

Open bill, Closed Bill, dan Split Bill? Apa Saja Perbedaannya?

Tahukah Anda jika pembayaran tagihan atau yang sering kita sebut dengan bill terbagi menjadi 3 kategori?

Bagi Anda pelaku bisnis FnB atau yang sering mengunjungi cafe maupun restoran pasti sudah tidak asing dengan istilah open bill, closed bill dan split bill.  Ketiga metode pembayaran tagihan tersebut sudah banyak diterapakan mulai dari coffeeshop, restoran, cafe, dll.


Sebagai pelaku bisnis FnB, Anda pasti tidak hanya berfokus pada kualitas makanan atau minuman yang disajikan, tetapi Anda juga akan terus meningkatkan kualitas pelayanan cafe atau restoran Anda demi menjaga loyalitas pelanggan Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan Anda bisa dengan menyediakan ketiga metode pembayaran tersebut. Tetapi, sebelum menerapkan sistem tersebut, yuk simak penjelasan berikut tentang apa itu open bill, closed bill dan split bill.

Open Bill

Open billsering digunakan oleh restoran cepat saji dan coffeeshop, karena biasanya restoran cepat saji dan coffeeshop memiliki sedikit menu dan penyajiannya tergolong cepat. Sistem open bill ini mengharuskan pelanggan membayar diawal. Pelanggan akan langsung membayar tagihannya setelah mereka selesai memilih menu yang mereka pesan, dan mereka langsung mendapatkan billsesuai dengan pesanan mereka yang sudah dibayar.

Closed Bill

Jika open bill mengharuskan pelanggan membayar diawal sebelum mereka menikmati pesanannya, closed bill membebaskan pelanggan untuk membayar billketika mereka sudah selesai menyantap hidangan yang dipesan. Pelanggan masih bisa terus memesan makanan atau minuman yang mereka inginkan tanpa membayarnya diawal. Sistem pembayaran closed bill ini banyak digunakan oleh restoran-restoran besar yang memiliki banyak menu sehingga membuat pelanggan membutuhkan waktu lebih banyak saat ingin menentukan menu apa saja yang akan mereka pesan. Pelayan akan menghampiri pelanggan dan mencatat menu apa saja yang dipesan oleh pelanggan. Berbeda dengan sistem open bill yang mengharuskan pelanggan mendatangi meja kasir untuk memesan menu dan sekaligus membayar pesanan mereka.

Split Bill

Sistem split bill termasuk inovasi baru yang diciptakan untuk pelanggan yang datang lebih dari satu orang dan menginginkan pembayarannya dibagi dengan yang lainnya, atau yang sering kita sebut dengan patungan. Split bill ini dilakukan ketika pelanggan membayar diawal (open bill). Pelanggan akan datang ke meja kasir, kemudian memilih menu lebih dari satu. Kemudian saat membayar, pelanggan bisa tetap membayar pesanannya sendiri tanpa tercampur dengan pesanan milik temannya dan temannya juga bisa membayar pesanannya sendiri. Jadi, mereka tetap bisa pesan dalam waktu yang bersamaan tetapi mereka bisa membayar sendiri-sendiri dan mendapatkan bill sesuai dengan pesanan mereka.

Dengan menyediakan ketiga sistem pembayaran tagihan tersebut, Anda akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman, karena pelanggan bisa memilih sistem pembayaran tagihan seperti apa yang ingin mereka gunakan. Provey akan membantu Anda untuk menyediakan ketiga sistem pembayaran tersebut. Melalui fitur backoffice yang dapat mengatur sistem dari transaksi toko Anda, ingin open bill atau close bill ataupun split bill. Bahkan untuk sistem transaksi open bill, Anda dapat melakukan pengaturan meja dari toko Anda. Dengan mengatur grup meja dari toko Anda dan input meja dari setiap grup meja, data meja akan otomatis terintegrasi di Aplikasi POS Provey.

Dengan Provey Pos, Anda akan lebih mudah mengelola transaksi cafe, coffeeshop atau restoran yang Anda miliki tanpa takut repot, karena Provey POS adalah solusi lengkap untuk kebutuhan bisnis Anda. Segera daftarkan bisnis Anda ke Provey sekarang juga, dan dapatkan semua keuntungannya!